Kecantikan Alam Wisata Ranu Kumbolo

Kecantikan alam Ranu Kumobolo yang masih asli patut menjadi daftar wisata daerah yang hendak sobat kunjungi. Pasalnya obyek wisata alam yang satu ini memiliki pesona alam yang luar biasa penuh dengan kehijauan dan keindahan menjadika petualang sobat akan semakin berkesan. Wisata alam Ranu Kumbolo merupakan wisata danau yang lokasinya tidak berada di sembarang tempat yaitu berada di bawah puncah mahameru gunung semeru. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung tempat ini.


Wisata alam ranu kumbolo masuk dalam kawasan lindung yaitu dikelola oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. Danau ini akan menjadi surga bagi para pecinta alam sang pendaki gunung, karena keunika dari danau ini membuat rasa terpesona hadir bagi seotiap yang memandangnya. Lokasinya yang berdekatan dengan track saat mendaki gunung semeru yaitu di transit para pendaki ketika hendak ke puncak mahameru. Dari pengelolaan yang baik oleh Peemda Lumajang kawasan ini menjadi surga bagi para pecinta alam khususnya para pendaki gunung semeru.

 

Ranu kumbolo berada di ketinggian 2400 meter diatas permukaan laut, berada dibawah puncak gunung tertinggi di pulau jawa. Keindahan yang menjadi kepuasan tersendiri saat mampir di ranu kumbolo adalah sepasang mata kita akan dihadapkan dengan terbitnya matahari yang muncul dari dua buah bukit. Dimana matahari dan alam akan terlihat sangan menakjubkan, inilah Anugrah Tuhan yang sangat indah dan patut untuk disyukuri.


Ketika datang sore hari, obat akan diperlihatkan dengan kabut yang mulai turun dari pegunungan yang jatuh diatas danau tersebut. Dan jika sudah malam hari, pemandangan kota lumajang akan terlihat begituuu indah. Tampak gemerlap lampu berada dikebawahan serta menatap langin yang cerah dipenuhi dengan cahaya bintang-bintang bekelap-kelip. Di dekat danau ranu kumbolo tersebut, sobat juga akan menjumpai prasasti dari peninggalan kerajaan terjaya dimasa dulu yaitu kerajaan Majapahit.


Obyek wisata indah lainnya : Wisata Pulau Sempu dan Gunung Bromo.


Yang perlu sobat sadari adalah, danau ini berada di gunung sehingga sobat diharusnya untuk berhati-hati. Yang mana menurut mitos daerah pegunungan penuh dengan mistik yang mungkin sudah banyak dialami oleh para pendaki gunung. Untuk mengingatkan hal ini diberikan tugu peringatan di sana. Jadi jangan berbuat sembarangan, banyak-banyaklah berdzikir atau mengingat Allah SWT agar petualngan sobat selalu dalam lindungan Nya.


Banyak beragam aktivitas yang sobat bisa lakukan saat berada di ranu kumbolo ini, diantaranya sobat bisa mendirikan tenda untuk beristirahat. Yaitu untuk melepas lelah sejenak sebelum melanjutkan pendakian ke puncak mahameru. Ingat suhu di sekitar ini sangat dingin mencapai 5 derajat celcius. Sebagai persyaratan untuk bisa datang ke lokasi ini sobat harus menyiapkan fotocopy KTP 3 lembar dan surat keterangan sehat dari dokter, untuk memastikkan bahwa sobat benar-benar siap untuk berpetualang, selain itu juga untuk mencegah hal-hal yang kurang diinginkan.