Khasiat Kacang Polong Bagi Kesehatan

Tubuh sehat bisa mulai berangkat dari pemilihan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk mendapatkan makanan sehat dan bergizi tidaklah membutuhkan biaya yang mahal. Makanan kaya gizi banyak dibandrol murah yaitu bisa berupa sayuran dan buah, sayur dan buah dikenal banyak mengandung zat kimia yang baik untuk menyokong kesehatn tubuh. Masih ada satu lagi yaitu kacang-kacangan, untuk kacang-kacangan salah satunya adalah kacang polong. Kacang polong dikenal dengan baik diluar Negeri, Tapi saat ini di Indonesai juga sudah tidak sulit untuk mendapatkan kacang yang penuh dengan nutrisi ini.


Sekarang sobat harus berhati-hati dengan makanan yang anda konsumsi, sebagaimana kita tahu bahwasannya banyak masalah kasus makanan yang mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi. Itu adalah kasus yang sudah terusut dan bagaimana dengan yang lain yang pasti lebih banyak lagi. Memang makanan sangat menggoda selera makan kita namun bukan berarti hanya asal santap saja. Nah inilah yang banyak terjadi disekitar kita, dan akhir komplikasi penyakit dalam tubuh yang terjadi. Jika tidak mau mengalami yang demikina itu, maka mulai sekarang jagalah pola makan anda. Tapi jangan salah arti makanan ini hanya sebagai penunjang saja bukan berarti harus meninggalkan makanan pokok kita sehari-hari.


Kacang polong mampu diolah menjadi beragam jenis masakan yang enak misalnya dibuat untuk sayur dan sup. Digunakan untuk menemani nasi yang pasti akan membuat anda lebih lahap memakannya. Tidak hanya enak dimakan saja namun manfaat kacang polong untuk kesehatan juga sungguh luar biasa. Manfaat kacang polong untuk kesehatan sobat silahkan baca ulasannya berikut ini.


Untuk menyehatkan mata

 

Kacang polong mengandung zat betakaroten yang berfungsi untuk mengkonversi zat warna pada tumbuhan menjadi vitamin A. Nah vitamin A sangat dibutuhkan untuk mata dan menjadi antioksidan untuk melindungi tubuh dari kanker.

 

Untuk pencegahan penyakit jantung

 

Penyakit jantung juga disebabkan karena banyaknya timbunan lemak jahat dalam tubuh, kandungan omega 3 berguna untuk melawan lemah jahat tersebut. Dan kandungan lain seperti sapion, flavanol, fitonutrien akan melancarkan peredaran darah sehingga resiko terkena jantung semakin kecil.

 

Memperbaiki sistem imun tubuh

 

Daya tahan tubuh yang lemah akab menyebabkan tubuh mudah sakit dan terserang virus, nah untuk meningkatka kembali daya tahan tubuh ini salah satunya diperlukan asupan yang bergizi. Kacang polong cukup bisa diadalkan untuk memenuhinya, sebab kacang polong banyak mengandung  zat kimia flavonoid, asam fenoleat, plifenol dan karotenoid yang bermafaat sebagai anti oksidan. Antioksidan ini juga membantu dalam proses regenerasi sel, jika pembentukan sel bisa berjalan maksimal akan berimbas pada sembuhnya penyakit dan hasil akhirnya kekebalan tubuh akan meningkat.


Makanan yang kaya nutrisi lainnya dapat dijumpai pada beras hitam dan beras merah, selengkapnya silahkan lihat Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan dan Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan.


Itulah sekilas tentang manfaat kacang polong semoga bisa bermfaat.