Khasiat Sayur Kecipir Untuk Kesehatan Alami

Tumbuhan kecipir ini memiliki istilah asing psophocarpus tetragonolobus, di tanah jawa tumbuhan ini dikenal dengan nama kecipir. Kecipir ini tumbuh melilit pohon atau apa yang ada disekitarnya, kecipir terlihat tampak rimbun karena memiliki daun yang cukup lebar dan berwarna hijau. Buah kecipir bentuknya panjang kurang lebih 10 cm dan melengkung. Dalam buah kecipir terdapat biji jika sudah matang biji berwarja hitam dan keras. Kecipir sendiri dimanfaatkan sebagai tumis kecipir, bisa juga sebagai campuran urap-urap juga ditempat saya kecipir dijadikan satur asam yang nikmat sekali. Kecipir ini sekarang sudah jarang dikonsumsi oleh masyarakat karena mungkin banyak orangyang kurang menyukainya.

 

Kecipir biasanya ditanam di samping rumah atau dibelakang rumah dengan tujuan untuk sayur konsumsi keluarga. Nah jika anda memiliki lahan kosong disekitar anda, anda dapat memanfaatkan untuk ditanami kecipir. Karena kecipir ternyata dapat menutrisi tubuh sehingga dapat membantu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. nah dengan demikian manfaat kecipir bagi tubuh adalah untuk menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan memberikan kebutuhan gizi atau zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Manfaat kecipir untuk kesehatan ini dikarenakan kandungan kecipir itu sendiri yang kaya dengan zat kimia yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kecipir untuk kesehatan dapat anda simak dibawah ini.

 

Manfaat kecipir adalah sebagai berikut:

  • Kandungan air yang ada dalam kecipir dapat memenuhi cairan tubuh sehingga akan terhindar dari dehidrasi.
  • Zat besi dalam kecipir berfungsi untuk mengurangi resiko anemia atau kurang darah, tanda-tanda kurang darah tubuh terasa lemas dan kurang bersemangat, ketika beranjak dari tempat duduk mata terasa berkunang-kunang Saat inilah anda sangat membutuhkan zat besi untuk menormalkan darah anda kembali.
  • Berdasarkan penelitian kecipir juga mengandung zat antioksidan yang ampuh untuk menekan tumbuhnya sel kanker.
  • Sebagai sumber energi, jika asupan energi tubuh anda cukup maka aktivitas anda sehari-hari berjalan dengan lancar.
  • Sumber kalsium yang dapat menyehatkan tulang dan gigi kita dan memungkinkan terhindar dari tulang keropos.
  • Berkhasiat sebagai obat luka karena bisul tradisional caranya haluskan kecipir lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

Demikian manfaat kecipir bagi kesehatan untuk orang yang mau mengkonsumsinya serta memanfaatkannya. Mulai sekarang jangan ragu jika dihidangkan makanan yang berasal dari kecipir ini. Sekian dan salam sehat.