Surat Referensi Kerja Untuk Karyawan

Contoh Surat Referensi Kerja, Setelah anda putus hubungan dengan perusahaa atau instansi dimana anda pernah berkerja hal terpenting yang perlu anda minta adalah surat referensi kerja. Surat referensi ini sangat berarti untuk diri sendiri yaitu sebagai kenangan manis bahwa anda pernah mengabdi di perusahaan tersebut dalam kurun waktu tertentu. Surat referensi ini juga merupakan bukti yang sah bahwa anda pernah terjalin hubungan kerja dengan perusahaan atau instansi tertentu. Ditambah lagi dengan urusan BPJS Ketenagakerjaan dimana persyaratan pecairan JHT harus dilengkapi dengan surat referensi kerja atau surat keterangan kerja. Tanpa itu akan lebih sulit JHT anda. Nah, jika anda baru keluar dari perusahaan anda harus minta segera surat referensi tersebut karena untuk menghindari data-data perusahaan yang mungkin bisa hilang. Dengan memintanya lebih dini anda tidak perlu repot-repot di kemudian hari.

 

Surat referensi kerja adalah surat yang berisi tentang nama yang tercantum didalamnya pernah berkerja di perusahaan itu dengan posisi tertentu dan dalam waktu tertentu. Walaupun terlihat sama antara surat referesi dengan surat keterangan kerja namun keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Surat keterangan hanya menerangkan bahwa nama yang tercantum didalamnya pernah berkerja diperusahaan dengan posisi dan jabatan tertentu, sedangkan untuk surat referensi selain menerangkan bahwa nama yang tercantum dalam surat tersebut pernah berkerja dalam waktu tertentu dan jabatan tertentu serta ditambahkan dengan referensi.

 

Jadi surat referensi ini juga untuk mereferensikan kepada perusahaan manapun yang bersangkutan kelak berkerja. Selain itu juga menerangkan reputasi selama berkerja diperusahaan tersebut. Yang jadi soal anda jangan harus membedakan mana karyawan yang berhak dengan surat keterangan kerja dan mana yang lebih pantas untuk menerima surat referensi. Nah oleh sebab itu, surat ini juga penting jika dikemudian hari anda ingin mengajukan surat lamaran kerja. Karena surat refernsi ini bisa menjadi pertimbangan yang berarti untuk diterima atau tidak surat lamaran kerja anda. Surat refernsi ini penting sekali sebagai lampiran surat lamaran untuk melamar posisi yang butuh orang berpengalaman.

 

Jadi surat refensi juga berfungsi sebagai surat pengalaman kerja, jadi pasa jika ada perusahaan yang membutuhkan orang yang berpengalaman. Ada tapinya kalau perkerjaan sebelumnya masih ada hubungannya dengan lowongan yang sedang anda lamar. Misalnya pengalaman anda jasa seo masak melamar di posisi koki yang berpengalaman. Itulah gambarannya, jika kurang paham silahkan baca Contoh Surat Referensi Kerja Umum.