Fungsi Vitamin B Kompleks

Vitamin B komplek adalah kumpulan dari dari beberapa vitamin yaitu vitamin B1(thiamine), Vitamin B2(riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5(pantothenic acid/asam pantotenat) , Vitamin B6(pyridoxamine) , Vitamin B9(folic acid/asam folat) , vitamin B12(cyanocob), vitamin B7(biotin) biotin, Kolin dan inositol. Masing-masing jenis vitamin tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda pada tubuh. Walaupun fungsinya yang berbeda-bera tetapi semua senyawa tersebut adalah satu kesatuan, jika salah satu kurang terpenuhi maka akan kurang seimbang juga. Nah cukupi mereka secara keseluruhan. Tubuh memerlukan asupan semua jenis vitamin tersebut diatas setiap hari agar sistem organ tubuh kita dapat berkerja dengan baik. Namun jika kelebihan vitamin B kompleks ini akan dibuang melalui urine.

 

Vitamin B kompleks penting untuk tubuh dan harus dipenuhi setiap harinya, oleh sebab itu makanlah makanan dan minuman yang mengandung vitamin B kompleks ini. Diatara makan dan minuman yang mengandung vitamin B kompleks ini adalah kacang kedelai, nasi, sayur, gandum, jagung, susu, keju, daging ayam, ikan dan lain-lain. Lalu apa saja manfaat dan fungsi vitamin B kompleks ini. Manfaat vitamin B kompleks pada dilihat berikut ini:

 

  • Fungsi vitamin B kompleks ini pertama adalah untuk menjada kesehatan sistem syaraf, sistem syarat adalah organ penting dan harus dijaga agar tetap sehat sehingga dapat berkerja secara maksimal. Untuk menjaga kesehatan sistem syaraf anda harus memenuhi kebutuhan B kompleks ini.
  • Membantu prosen pembentukan energi, vitamin B kompleks membantu merubah karbohidrat dalam tubuh menjadi energi.
  • Vitamin A berfungsi untuk memelihata kesehatan rambut dan kuku, jadi jika rambut anda sering rontok dan kuku anda sering pecah maka konsumsi vitamin B kompleks ini.
  • Memperbaiki sistem pencernaan tubuh, Vitamin B Kompleks juga berperan dalam sistem pencernaan. Agar pencernaan anda lancar maka jangan sampai anda kekurangan vitamin B kompleks.
  • Untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

Itulah manfaat vitamin B komplek dalam tubuh kita, sebenarnya masih banyak sekali manfaatnya namun disini hanya disebutkan beberapa diantaranya. Yang perlu anda perhatikan adalah cukupi kebutuhan B kompleks ini hanya susuai kebutuhan jangan berlebihan karena ditakutkan akan timbul masalah baru dalam kesehatan anda. Vitamin B kompleks memang penting, tapi manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh juga tak kalah penting. Maka ketahuilah apa saja khasiat vitamin C serta manfaat vitamin D bagi tubuh tersebut.